Kamis, 23 Mei 2013

Sejarah Ilmu Pengetahuan Islam

Daulah
Latar Belakang Berdirinya
Prestasi Dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan
Umayah
Berdirinya Umayah tidak lepas dari adanya peristiwa penting yang terkenal dengan sebutan Amuul Jamaah atau perdamaian umat Islam, yang terjadi di Kota Maskin , dekat madam kuffah pada tahun 41 Hijriyah/661 Masehi pada masa Khalifah Ali Bin Abi Thalib
1.      kemajuan dalam bidang ilmu hadist
2.      Keberhasilan Yang Dicapai
Dalam hal ini terbagi menjadi dua, yaitu material dan immaterial.
a). Bidang Material :
1.  Muawiyah mendirikan Dinas pos dan tempat-tempat tertentu dengan menyediakan            kuda dengan peralatannya disepanjang jalan. Dia juga berusaha menertibkan angkatan bersenjata.
2.      Mu’awiyah merupakan khalifah yang mula-mula menyuruh agar dibuatkan ”anjung” dalam masjid tempat sembahyang. Ia sangat khwatir akan keselamatan dirinya,    karena khalifah Umar dan Ali, terbunuh ketika sedang melaksanakan shalat.
3.      Lambang kerajaan sebelumnya Al-Khulafaur Rasyidin, tidak pernah membuat lambang Negara baru pada masa Umayyah, menetapkan bendera merah sebagai lambang negaranya. Lambang itu menjadi ciri khas kerajaan Umayyah.
Abbasiyah
Awal kekuasaan Dinasti Bani Abbas ditandai dengan pembangkangan yang dilakukan oleh Dinasti Umayah di Andalusia (Spanyol). Di satu sisi, Abd al-Rahman al-Dakhil bergelar amir (jabatan kepala wilayah ketika itu); sedangkan disisi yang lain, ia tidak tunduk kepada khalifah yang ada di Baghdad
1.      Kegiatan menyusun buku-buku Ilmiah
2.      Penyusunan ilmu-ilmu islam



Tidak ada komentar:

Posting Komentar